Terkadang saya merasa geli sendiri jika mendapat pertanyaan2 ataupun pernyataan yang agak sensitif, baik dari teman2 ataupun dari senior. Dan kmarin malam, pernyataan itu muncul lagi..

Kemarin malam, saya menghadiri acara walimahan teman.. biasanya sih kalau ada acara seperti itu..saya datangnya bareng akhwat lain. tapi kali ini saya pergi sendiri karena gak tau mau ajak siapa karena tidak banyak teman2 akhwat yang diundang. Walaupun sebenarnya saya kurang pede datang di acara2 kayak gituan sendiri kalo gak pake hijab. Kalau pake hijab kan tidak masalah. Akhirnya berangkat jugalah saya ke acara walimahan tersebut dengan ditemani " si biru". walau agak ribet karena pake baju pesta sambil bawa motor, tapi sampe juga dengan selamat..

Seperti biasa, setelah mengganti sandal cadangan di parkiran ( tadinya berangkat dengan sandal biasa..secara gitu lho, gak mungkin saya bawa motor dengan sandal dengan haq 5 cm) saya pun menuju ke gedung, isi buku tamu. Tapi pas waktu mau ke pelaminan ngasi ucapan selamat, entah ketidak pedean itu muncul lagi. Kebetulan di acara itu, saya ketemu ma senior yang juga datang, tapi dengan suaminya. Saya pun meminta kepada beliau untuk menemani ke pelaminan untuk ngasi ucapan selamat kepada mempelai. Tapi sayang nya dia baru aja turun dari pelaminan. Dan pernyataan itu pun terlontar
" makanya... cepat- cepatmi cari gandengan juga biar kalo kemana- mana gak sendiri lagi..."
teman yang satupun menimpali dan mengiyakan. What?? Cari gandengan?? bukan cari kali.. tapi saya yang dicari, hehe.
Sering ya, pernyataan seperti ini datang dari teman2. Emangnya kenapa kalo saya masih sendiri? toh saya masih menikmatinya??

Mungkin...bagi sebagian orang, nikah itu hal yang gampang2 aja. Tapi bagi saya tidak. Tidak berat juga sih.. tapi nikah itu tidak sekedar pengen, trus nikah, selesai deh, berubah lagi statusnya kita. Tapi jauh dibalik itu, kita butuh banyak persiapan. ini juga yang perlu dipahami, "Merried, siap atau pengen"?? karena beda ya, antara siap dengan pengen. kalo siap itu ya.... betul2 siap, siap fisik, mental, sosialnya, finansial tentunya juga harus siap dong!

Siap fisik, saya rasa kita semua sudah tau,,

Siap mental, tentu lah...karena akan ada banyak yang berubah setelah seseorang itu nikah. dengan adanya perubahan status. yang tadinya bujang, jadi istri ataupun jadi suami..lebih2 kalo dah jadi ibu ataupun bapak, mental harus betul dipersiapkan.
ya penting juga. Yang tadinya mungkin.. kita cuek aja dengan lingkungan sekitar kita, apalagi yang terbiasa kost- kostan, pulang kampus langsung ke kamar, besoknya lagi keluar beraktivitas sehingga interaksi dengan lingkungan tempat tinggalnya kurang. Setelah nikah.. butuh sosialisasi dengan lingkungan kita, mungkin bagi yang ibu2, bisa ikut arisan antar RW/RT biar bisa saling kenal dengan tetangganya. yang bapak2 mungkin.. sesekali ikut kerja bakti. Jadi tidak seperti waktu kuliah lagi..

finansial, yah ini juga hal yang sangat penting. terutama buat laki2 yang nantinya sebagai pemberi nafkah buat istri dan anak2 nya, bukan berarti wanita tidak boleh kerja diluar. Boleh2 saja, sang istri bekerja untuk membantu suami asalkan harus tetap ingat kodratnya dan tidak lupa tugasnya sebagai seorang istri...

Dan masih banyak hal yang perlu disiapkan...Dan yang paling penting adalah.. Don't Worry! Jodoh itu dah diatur oleh Allah... suatu saat dia pasti akan datang, bukankah manusia diciptakan berpasang-pasangan? Cepat atau lambat, hanya Allah yang tahu.

Lain halnya dengan pengen. mungkin sebenarnya sudah siap juga.. tapi kebanyakan ketidak siapannya. Mungkin karena sering diledek2 sama temannya " kapan nih.. nyusul??" seperti kasus saya diatas tadi.. tapi bukan berarti saya pengen.. nantilah kalo dah betul2 siap, hehe. Atau mungkin karena desakan dari keluarga yang menginginkan anaknya segera menyempurnakan separuh agamanya padahal sang anak belum siap, dan banyak lagi...

Nah.. sebelum dia datang, marilah mempersiapkan diri untuk menyambutnya dan menempa diri untuk menjadi baik, bukankah Allah telah berjanji dalam Al-Qur'an surah An-Nur ayat 26 bahwa wanita baik2 untuk laki- laki baik2, begitupun sebaliknya. sambil menilai diri sudah siapkah saya ataukah hanya sekedar pengen?? Anda sendiri yang tahu...



0 komentar:

Posting Komentar